Sabtu, 24 Maret 2012

pemanfaatan Nuklir untuk Kelangsungan Kehidupan

Mendengar kata nuklir banyangan orang langsung tertuju pada senjata pemusnah masal atau bom yang sangat ditakuti semua makhluk hidup didunia. Tak heran, bila nuklir terkesan mengerikan. Padahal, bila digunakan dengan benar, nuklir juga banyak manfaatnya bagi kesehatan dan kehidupan manusia.
Kata Nuklir mengandung hal yang berhubungan dengan Nukleus alias inti atom. Jadi Nuklir sebenarnya adalah bagian terkecil dari suatu benda yang mempengaruhi sifat dari benda iu sendiri. Jika diibaratkan, Nuklir itu seperti matahari yang mempengaruhi benda-benda langit disekitarnya dengan gaya gravitasinya. Sebenarnya Nuklir terdapat dalam semua benda dan tidak berbahaya jika di kelola dengan cara yang benar dan tepat. Namun, apabila terjadi penyimpangan Nuklir menjadi bersifat Radioaktif. Nah, sifat Radiaktif inilah yang sangat berbahaya jika tidak dikendalikan karena menghasilkan Radiasi. Radiasi dari Nuklir ini bisa mengganggu kesehatan, menimbulkan penyakit, bahkan bisa mematikan jika terjadi kesalahan dalam mengelolanya.
Di Era Globalosasi ini seperti sekarang ini sudah banyak negara-negara didunia ini yang telah memanfaatkannya untuk perkembangan di negara tersebut. Salah satunya adalah negara kita ini Indonesia
Mengenal Nuklir untuk kelangsungan kehidupan menjadi satu program yang patut dikembangkan ke masyarakat sehingga masyakarat dapat mengetahui atau mengerti tentang kebutuhan energi, pentingnya Teknologi Nuklir serta melihat Teknologi Nuklir secara holistik bukan parsial”. Hal ini di sampaikan oleh Ir. Sri Setiawati, MA Asisten Deputi Jaringan Penyedia Kemenristek.
Listrik sebagai sesuatu yang sangat penting untuk kehidupan manusia proses memperolehnya adalah dengan menggunakan energi tersedia. Pemilihan energi untuk menghasilkan listrik adalah menjadi kajian yang sangat penting di pikirkan efektif dan efisiennya untuk kelangsungan hidup manusia.
Semua sumber energi di indonesia seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal seekonomis mungkin, namun dengan standar keselamatan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi nasional yang sangat besar. Perkembangan teknologi PLTN sedemikian pesat pasca kecelakaan chernobyl sehingga telah dapa di hasilkan PLTN yang memilik kemampauan keselataman mandiri/ inhern/ sangat aman dan ekonomis serta sangat ramah lingkungan”
Semua sistem energi memiliki resiko dan data-data menunjukkan bahwa resiko energi nuklir paling kecil dibanding sumber energi air, batubara, minyak, gas dan lainya. Selain acara pelatihan ini diselenggarakan pula acara sarasehan pengenalan IPTEK Nuklir serta kunjungan lapangan ke BATAN Yogyakarta untuk para peserta pelatihan.

1 komentar: